“Karena Wanita Ingin Dimengerti”

“Karena wanita ingin dimengerti
Lewat tutur lembut dan laku agung.”

AL-UKHUWAH.COM – Hi… Girls ada yang tau dengan lirik lagunya? Dari band terkenal beberapa tahun silam. Yap, nama bandnya” ada band”. Kita lagi gak ngomongin bandnya loch apalagi personilnya, tapi lirik lagunya yang menggambarkan banget kalau wanita itu ingin dimengerti, coba siapa yang ingin dimengerti? Pasti maukan, yang nulis juga mau hehe. Dimengerti itu salah satu bentuk perhatian, perhatian di sini beraneka cara, mulai nanya kabar, nanyain tugas sekolah, atau kampus sampai ada juga yang pake cara islami, nanyain ibadah sholat, tilawahnya, puasa sunnahnya dll. Dari nanya yang sepele juga ada, udah makan belum. Apalagi kalau lagi sakit, pasti dingertiin banget, pokonya dari mulai ungkapan sampai ke perbuatan. Apalagi dimanja dan disayang. Pasti pada mau dech. Tapi  Itu semua bisa bernilai pahala dan dosa loch, ko bisa? Ya, bisalah tergantung siapa dulu orangnya.

Perhatian yang semu

Sob, ketika dimengerti oleh seseorang tanpa ikatan halal yaitu pernikahan, hanya sia-sia bahkan yang didapat malah dosa, se-berapa besar pengertiannya pun gak akan bernilai. Semu. lewat ikatan pacaran bagai sedang menginves dosa, sedikit-sedikit menjadi bukit. Banyak juga bentuk pengertiannya yang akhirnya kebablasan. Kasus-kasus yang hamil di luar nikah pun kini sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan masyarakat. Yang rugi pasti kan perempuan. So, jangan percaya dengan pengertian yang semu ketika itu masih dalam ikatan pacaran. Catet!

Karena Islam mengerti wanita

Hi… girls Allah itu pengertian banget sama kita sebagai kaum hawa alias wanita. Pernah gak uring-uringan gerah bin panas ketika kita menutup aurat dengan syar’i? Apalagi pas lagi musim panas, beh.. Luar biasakan rasanya tapi tetep mewajibkan untuk menutupnya. Mau cuaca panas, dingin, tidak lantas jadi gugur kewajiban itu.

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Ahzab:59).

Kurang perhatian apa lagi coba, wanita juga di wajibkan memakai kerudung demi kebaikannya. Dapet pahala pula karna udah taat.

Katakanlah (wahai Nabi Muhammad) kepada wanita- wanita mukminah, ‘Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka dan janganlah mereka menampakkan hiasan (pakaian, atau bagian tubuh) mereka kecuali yang (biasa) nampak darinya dan hendaklah mereka menutupkan kerudung mereka ke dada mereka (QS. an-Nur [24]: 31).

Itu semua bukti cintaNYA dan perhatiannya sama wanita, supaya kita itu tidak diganggu, menjaga dari pandangan-pandangan cowok yang lemah iman. Supaya kita gampang dikenali.  Tuh kan, Allah itu  pengertian banget sama  kita, pengertianNYA itu dengan dibuatnya aturan-aturan dan larangan.  Allah juga lebih tau tentang kita dari pada kitanya sendiri. Karna DIA yang menciptakan kita, jadi tau betul kekurangan dan kelebihan wanita. kenapa wanita itu diwajibkan menutup aurat ketika sudah balig, terus kenapa aktivitas pacaran itu haram ketika belum ada ikatan pernikahan, kenapa yang diwajibkan mencari nafkah itu laki-laki (ayah) bukan ibu dll. Karna ngertiin banget antara lai-laki dan perempuan itu hak dan kewajibannya berbeda. Tetep masih ada yang ngeyel kalau pacaran itu mendekati zina, emang cinta itu fitrah, normal dialami setiap manusia, anugrah dari sang pencipta. Tapi ada aturan mainnya loch dalam islam, gak asal bunyi dengan gombalan-gombalan ala dilan. So, wanita ingin dimengerti. Hanya islam yang bisa ngertiin. Walluhu a’alam.

Penulis:
YuyunH2I (Komunitas revowriter)

, , , ,